Wednesday, August 28, 2013

Liverpool F.C



Nama lengkap : Liverpool Football Club
Julukan : The Reds
Didirikan : 15 Maret 1892 (oleh Jihn Houlding)
Stadion : Anfield (Kapasitas 45.276)
Pemilik : John W. Hendry dan Tom Werner
Ketua : Tom Werner


JERSEY










Liverpool FC 1892-1893



Livepool didirikan pada tanggal 15 maret 1892 sebagai akibat perseteruan antara komite Everton FC dengan John Holding sebagai Presiden Klub yang juga pemilik stadion anfield. Sebelumnya pada tahun 1891 John Holding adalah penyewa stadion anfield dan kemudian membeli tanah tersebut, sekaligus menaikan harga sewa dari 100 mejadi 300 pounds per tahun, Everton FC yang pada saat itu masih bermain di Anfield menolak kenaikan harga sewa dan dari sini timbulah perseteruan antar keduanya, Everton akhirnya pindah ke stadion Goodison park Dan Anfield menjadi kandang liverpool hingga kini.


Liverpool sempat memakai nama EVERTON FC and ATHLEIC GROUNDS, Ltd , atau di singkat EVERTON ATHLETIC, Namun di tolak oleh FA karna ada dua nama tim yang sama. Dan pada tahun 1892 john memilih nama Liverpool FC sebagai nama baru, dan liverpool menjelma menjadi kekuatan serius di kompeisi epak bola inggris.



Mengawali debutnya sebagai klub sepak bola profesional Liverpool bermain di Liga LANCASHIRE dan berhasil menjadi juara sebelum akhirnya bergabung ke divisi II, Liverpool langsung menjadi juara dan berhak untuk promosi ke Divisi I (sekarang namanya LIGA PRIMER INGGRIS). Disinipun Liverpool tidak menunggu lama untuk menjadi juara liga, karna pada musim pertamanya Liverpool langsung menjadi juara di tahun (1990/91) dan mengulanginya lima tahun berikutnya.

No comments:

Post a Comment